Prospek Usaha Bisnis Rental Mobil di Indonesia

Kebutuhan transportasi terlebih di Indonesia menjadi hal pokok bagi masyarakat pada hampir semua segmen. Kebutuhan akan transportasi berupa mobil menjadi salah satu kendaraan yang paling dibutuhkan, mulai dari kebutuhan rekreasi hingga kebutuhan bisnis. Hal tersebut menjadikan bisnis rental mobil menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak akan pernah sepi di Indonesia. Bukannya mengenal sepi, malah ada momen-momen tertentu dimana permintaan melonjak.


Jika dicermati di kota-kota besar khususnya, terbangun kondisi dimana para pekerja, pelaku bisnis ataupun manajemen perusahaan industri cenderung untuk bertindak praktis dalam pemenuhan kebutuhan transportasinya. Dalam artian mereka tidak ingin disibukkan untuk memikirkan ataupun mengoperasikan kendaraannya sendiri dalam urusan pekerjaan, serta sebagai bagian dalam meminimalkan resiko yang mungkin bisa menimpa. Pada kondisi yang lain, angkutan umum di Indonesia yang masih jauh dari harapan untuk dapat memberikan layanan yang nyaman, aman, fleksibel dan terlebih lagi dari segi privasi.


Perkembangan teknologi yang semakin maju juga menjadi salah faktor pendukung, dimana penyewaan kendaraan mobil dapat diakses secara online. Dalam hal pengeloaan bisnis usaha rental mobil relatif mudah, dimana lebih dititipkan beratkan pada ketersedian unit kendaraan yang fleksibel, aman dan nyaman. Demikian pula dalam pengoperasiannya dengan benyaknya ketersedian driver pencari kerja yang sifatnya freelance, sehingga bisa diperkerjakan sewaktu-waktu. Hal-hal inilah yang menjadi peluang baru bagi pengusaha rental mobil, jika kita menguasai perencanaan dan celah prospeknya.


Sebagaimana bisnis jasa pada umumnya, mengenali dan menetapkan target pasar menjadi strategi utama yang akan menentukan berkembangannya usaha rental mobil yang dijalankan. Terkait dengan itu, berdasarkan kecenderungan dan pengalaman yang telah dilalui, bisnis usaha jasa rental mobil terbagi dalam beberapa segmentasi pengguna. Di kota-kota besar umumnya para penyewa lebih memilih kendaraan tipe Multi Purpose Vehicle (MPV) seperti Toyota Avanza, Toyota Innova, Mitsubishi Xpander hingga Daihatsu Xenia. Pertimbangan kapasitas penumpang kerap menjadi dasar pemilihan kendaraan jenis MPV ini.

Kondisi diatas akan berbeda lagi jika penyewa adalah seorang selebritis atau public figur, pilihannya lebih pada mobil dengan kesan berkelas, seperti Toyota Alphard. Sedangkan eksekutif yang sedang melakukan perjalanan bisnis sendirian, mobil sedan akan menjadi pilihan mereka seperti Honda City, Toyota Altis, hingga mobil mewah seperti Mercedez Benz atau BMW series. Kemudian di beberapa kondisi tertentu, seperti medan yang memerlukan power dan endurance tinggi, maka besar kemungkinan kendaraan yang dipilih jenis Sport Utility Vehicle (SUV), seperti Pajero Sport, Toyota Fortuner, Toyota Land Cruiser hingga Nissan Terano.

Trisputra Perkasa dalam hal ini siap membantu anda memenuhi setiap kebutuhan untuk berkendara di Jabodetabek. Hubungi kami untuk detail penawarannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Open chat
Hubungi kami melalui whatsapp?